On Why I Prefer to Travel Alone

by - April 18, 2017

Source

"kok jalan-jalan sendiri sih ga ajak-ajak? enaknya yang bisa liburan terus."

"iya emang enak :p"


Percakapan diatas sering banget kejadian sewaktu saya upload foto liburan di Instagram atau check in location di Path. Hampir selalu saya dapet komen kayak gini padahal itu late post foto liburan udah dari kapan tau hahahaha. Atau ngga waktu pergi ke Jogja pas long weekend seperti berjuta-juta orang lainnya (nasib pegawai bisa liburan cuma kalo long weekend doang hiks).

Buat yang sering komenin saya kaya gitu, saya tuh sebenernya bukan ga mau ngajak. Tapi buat saya, choosing the right travel mate(s) is extremely important. Memilih teman perjalanan ini memang tricky karena travel mate bisa menentukan apakah perjalanan yang dilakukan berakhir sedih atau bahagia. Lebay? Kesannya emang lebay, tapi ini memang bener banget. Dimana-mana, orang pergi liburan biar seneng. Tapi, traveling yang seharusnya bikin bahagia bisa malah bikin bete dan kesel karena teman jalan yang rese. Personally saya pernah mengalami kejadian dimana travel mates saya rese abis bikin bad mood melulu karena susah diajak kompromi perihal budget traveling. Jadinya mood untuk traveling menguap sebagian digantikan oleh kebetean yang tidak berujung. Pada akhirnya saya ngalah aja dan milih buat jalan sendiri seharian penuh demi hati biar tetep hepi. Bener emang kata orang kalo "traveling together reveals one's true self".

Mungkin kejadian itu juga yang bikin ngerasa kalo memang lebih baik jalan atau pergi liburan sendiri daripada badmood karena berselisih paham sama temen jalan. Hal lain yang bikin males ngajak-ngajak temen kalo pergi liburan adalah karena ribet. Sering kejadian, mau rencana liburan, temen minta diajak, diiyain, diplanningin segala macem dari A-Z, ujung-ujungnya nggak jadi ikut karena pada ribet sama urusan masing-masing. Then my effort will be useless. Fuh. Tau gitu kan yaudah berangkat sendiri aja dari awal ngga capek -capek planning segala macem. Padahal saya juga seringnya kalu mau pergi itu dadakan. Spontan aja gitu. Kalo lagi tiba-tiba kepengen pergi yaudah cari tanggal, cari tiket, berangkat. Nah kalo mau ngajak temen banyakan susah nyamain waktu, karena nggak semua orang jadwalnya fleksibel. Masalah waktu ini emang susah sih, karena prioritas orang juga beda-beda.

Karena itulah, penting memilih travel mates yang punya interest, mindset, dan style traveling yang sama dengan kita. When my principal of traveling is budget-friendly traveling a.k.a traveling kere hore, I definitely can't go with people whose hobby is shopping-slash-fancy-traveling. Saya bukan tipe pejalan yang kalo pergi bawa koper segede koper haji dan yang liburan for the sake of social media. Jadi kalo kamu tipe pejalan yang hobi belanja dan perginya ke tempat-tempat fancy dan hits buat upload ke Instagram/instastory, jelas dong kamu ga cocok sama saya. No, I'm not saying that this kind of traveling style is bad ya. The definition of traveling is different for everyone anyway. It's okay kalo memang traveling style nya begitu ya ga masalah, but this kind of people is definitely not the right travel mates for me.

Another thing to keep in mind is, your best friends are not necessarily your best travel mates. Mungkin sebagian orang berpikir bahwa sahabat atau teman baik selama bertahun-tahun adalah teman perjalanan terbaik karena sudah memahami satu sama lain. Tapi sayangnya tidak selalu demikian. Bisa jadi, definisi traveling dan preferensi perjalanan masing-masing bertolak belakang sehingga tidak cocok untuk traveling bersama. Bahkan kadang jalan sama sahabat yang beda gaya traveling malah justru bikin hubungan pertemanannya retak dan renggang karena nggak sepaham. Ada kejadian kayak gini? Ada banget dan udah banyak orang yang mengalami hal kayak gini.

Jadi, saya mending dinyinyirin karena jalan-jalan liburan sendirian daripada mengorbankan kebahagiaan saya hahaha. Saya sebenernya nggak masalah pergi bareng temen, asal ga ribet. Jadi kalau kamu yakin kamu sanggup jadi temen jalan saya, punya mindset, interest dan gaya traveling yang sama kayak saya, ya ayo aja kalu mau jalan. Kalo orang bilang "yang penting bukan kemana, tapi sama siapa" itu emang bener banget, karena mau sebagus apapun destinasi liburannya, bisa jadi liburan terburuk kalau perginya nggak sama orang yang tepat.

So, go find your right travel mate(s)!

You May Also Like

0 comments